Jumat, 05 Februari 2016

Permasalahan Lingkungan Sekitar



Pemetaan Permasalahan Lingkugan Sekitar

Permasalahan-permasalahan yang ada disekitar lingkungan saya:
1.       Kemiskinan
2.       Daerah pertanian yang rusak
3 Kurangnya fasilitas pendidikan
4 Kriminilitas
3.       Pergaulan bebas yang menyebabkan adanya HIV dan pemakaian narkoba 

Saya akan membahas tentang penyebab adanya kerusakan pada daerah pertanian. Lingkungan saya, tepatnya di Gundaling II kecamatan Berastagi kabupaten Karo, Sumatera Utara adalah lingkungan yang bermata pencaharian utama sebagai petani. Jadi tidak heran jika disana banyak sekali lahan perkebunan dan pertanian.
Belakangan ini banyak masyarakat disana yang mengeluhkan tentang kondisi usaha pertanian mereka yang semakin memburuk. Biasanya hal ini hanya disebabkan oleh hama pertanian. Tetapi, saat ini banyak lahan pertanian yang rusak akibat abu erupsi gunung Sinabung.
Gunung Sinabung, yang meletus pertama kali (setelah sekian lama mati) tahun 2010, sampai saat ini masih menyisakan letusan-letusan dan abu erupi yang semakin parah. Abu-abu erupsi tersebut yang kemudian beterbangan menutup rumah dan lahan pertanian serta kebun dan ladang warga sekitarnya.
Erupsi yang terus menerus terjadi sangat merugikan masyarakat pertanian disana. Setiap tanaman yang ditanam baik di pertanian dan perkebunan pasti layu dan lama kelamaan akan mati karena tertutup abu. Sedangkan sebagian tanaman yang dapat bertahan dari abu tersebut, setelah dipanen harus dicuci dahulu secara maksimal sebelum dibawa ke pasar untuk dijual. Dan ini juga merupakan salah satu kerugian karena memakan waktu yang cukup lama dan kondisi tanaman pun menjadi sedikit kurang baik dari biasanya.
Karena kualitas tanaman yang kurang baik, jadi harga sayur dan buah dipasaran agak menurun. Hal ini membuat banyak warga yang bersedih dan kecewa. Karena pendapatan mereka otomatis berkurang dan perekonomian mereka juga terkena dampaknya. Bagaimanapun ini adalah peristiwa alam yang memang sulit untuk dihindarkan.
Jadi solusi dari permasalahan ini adalah warga sekitaran gunung Sinabung harus rela meninggalkan kampung dan lahan pertaniannya untuk mencari yang lebih baik atau sementara pindah ketempat yang lebih baik. Dimana pemerintah telah menyediakan beberapa tempat relokasi agar mayarakat tersebut bisa tetap bekerja. Dan sebagian dari mereka mencari pekerjaan lain untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan hidupnya seperti berdagang, karyawan pertokoan, dan menjadi supir ankutan umum.

Indonesian Volcano Mount Sinabung Erupts Again Sending Ash 10,000ft ...
Warga yang bergegas-gegas menyelamatkan diri dari erupsi sinabung








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBX5A7C4817A5BA6