Kamis, 29 September 2016

Sekilas Tentang Komputer



SEKILAS TENTANG KOMPUTER


A. Generasi Komputer
            Pada generasi Pertama, komputer dengan ukuran sangat besar yang menggunakan tabung hampa udara, kapasitor, dan relay. Dalam Operasinya, komputer ini menggunakan bahasa biner atau bahasa mesin.
            Pada generasi Kedua, menggunkan transistor dan diode.Operasinya sudah menggunakan bahasa assembly.
            Pada generasi Ketiga,             menggunakan IC dengan kinerja yang lebih cepat dan telah menggunakan terminal display. Operasionalnya sudah menggunakan bahasa aras tinggi.
            Pada generasi Keempat, menggunakan LSI (Large Scale Integration) dengan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip.
            Komputer generasi Kelima, merupakan generasi masa depan yang masih mengalami pendefinisian lebih konkret. Ciri dari komputer generasi kelima adalah kemampuan komputer dalam menyelesaikan banyak pekerjaan dengan menggunakan biochip dari bahan protein sintesis. Komputer generasi ini dapat menerima intruksi manusia secara lisan dan dapat meniru nalar manusia.

B. Personal Computer
            Personal Computer (PC) dilihat dari jenisnya merupakan sebuah komputer mikro (microcomputer) yang ditujukan untuk keperluan pribadi, karena harganya yang murah, PC sekarang menjadi perangkat yang hampir ada di setiao rumah, mirip dengan kulkas atau televisi. Komputer PC yang kita kenal saat ini adalah hasil dari revolusi teknelogi elektronika yang sangat pesat. Tak heran, komputer lama yang tampilannya sangat jadul sekarang terlihat kuno sekali.

C. Kegunaan PC
            PC dipakai oleh penggunanya untuk melakukan tugas-tugas yang umum, antara lai: menghitung uang, membuat dokumen dan browsing internet,faks  lewat internet dan mengirim atau menerima pesan(Multimedia). Agar bisa bekerja secara efektif pengguna komputer harus punya pengetahuan mengenain sistem operasi yang bersangkutan, namun ia wajib memeahamiatau tertarik di bidang pemrograman. Karena ada orang lain yang membuat program atau bisa disebut programer. Programer inilah yang membuat program yang bisa dioprasikan oleh orang awam. Program-program ini bekerja diatas sistem operasi itulah yang disebut program aplikasi. Contoh dari aplikasi tersebut antara lain adalah : Microsoft office.

D. Sistem Operasi PC
            Sistem Operasi (OS/Operating System) adalah sebuah software yang fungsinya mengatur sumber daya hardware dan software lainnya dari oleh komputer. Sistem Operasi memproses merespon masukan dari penggunya komputer user dengan cara mengalokasikan dan mengatur tugas-tugas tertentu serta sumber daya sistem internal sebagai layanan ke user atau program yang berjalan di sistem. Sebagai sistempaling dasar dimana program lain dijalankan diatasnya, sistem operasi melakukan tugas-tugas dasar seperti pengendaian memori, memprioritas permintaan sistem (System Request), megendalikan piranti input dan output, memfasilitasi jaringan dan mengatur sistem file untuk mengakses file-file didalam komputer.

Daftar Pustaka
Sadiman, M.pd, 2015. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Erlangga.
Tim EMS, 2014.Panduan Belajar Komputer untuk Semua Orang. Jakarta:PT Elex Media Komputindo.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBX5A7C4817A5BA6