Kamis, 20 April 2017

Implikasi Digital Cinema



Implikasi Digital Cinema

Implikasi merupakan suatu efek atau dampak yang akan dirasakan dimasa depan setelah melakukan sesuatu. Implikasi sendiri sering disebut sebagai hal-hal negatif yang diperoleh, padahal ada implikasi yang didapat juga berupa hal yang positif. Seperti halnya implikasi digital cinema.


Perkembangan sinema didunia sangatlah pesat. Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai perkembangan digital cinema mulai dari 2D, 3D sampai 4D. Diartikel ini saya akan mengulas sedikit mengenai manfaat menonton sinema khususnya sinema 3 dimensi.

Sinema atau yang biasa disebut dengan film sudah terkenal sebagai hiburan bagi mereka yang menyukainya. Namun lebih dari itu, ternyata menonton film juga memiliki manfaat lain yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

Dampak Positif
1. Mempelajari Bahasa Asing

Telah banyak diketahui bahwa film yang ditayangkan di Indonesia bukan hanya berasal dari industri perlfilman lokal, namun industri perfilman mancanegara pun hilir mudik di Indonesia. Ketika menonton film dengan visualisasi bahasa asing, kita secara tidak langsung juga belajar mengenai bahasa mereka walaupun masih membutuhkan terjemahan untuk memahami seluruh tatanan kata yang diucapkan. Semakin sering kita menonton film asing semakin sering pula kita mendengan dan belajar bahasa asing tersebut.

2. Mempelajari Sejarah

Banyak film-film yang diangkat dari sejarah-sejarah dunia. Tidak sedikit orang beranggapan bahwa empelajari sejarah dunia sangat membosankan karena untuk mempelajari sejarah kita diharuskan membaca buku-buku perpustakaan yang ketebalannya tidak diragukan lagi. Namun dengan adanya film yang mengangkat tema mengenai sejarah dunia maka kita akan lebih tertarik karena kita seperti dapat melihat langsung reka adegan yang terjadi. Efek-efek lain yang diberikan untuk menunjang kualitas film pun seperti menambah gairah kita dalam menonton film tersebut.

3. Melatih Imajinasi

Imajinasi, biasanya terkenal dikalangan anak-anak. Imajinasi senidiri merupakan gambaran yang berasal dari otak manusia atau sebuah kerja akal dalam mengembangkan suatu pemikiran yang lebih luas dari apa yang dilihat, dengar dan rasakan. Dengan adanya imajinasi yang sangat besar, memungkinkan pula muncul ide-ide baru dari seseorang yang pasti sangat bermanfaat dalam kehidupan.

Dampak Negatif
Disaping sisi positif, terdapat sisi negatifnya terhadap kehidupan masyarakat. Dalam sisi sosial budaya digital cinema akan merubah paradigma masyarakat yang biasa menonton secara tradisional. Seperti ditinggalkanya “layar tancep” menjadi bioskop. Karena pada layar tancep padahal terdapat nilai sosial yang bisa diambil seperti kebersamaan, kerukunan yang mulai ditinggalkan karena adanya digital cinema ini khususnya bioskop.
Juga karena formatnya digital, digital cinema ini rawan pembajakan. Banyak situs situs penyedia link untuk mendownload film. Sebut saja salah satunaya adalah g**** yang sekarang sudah diblok oleh pemerintah Indonesia. Juga melalui torrent terjadi pembajakan juga, tentu saja merugikan pihak film produksi yang membuat film tersebut dengan susah payah, tetapi tidak dihargai dan dibajak.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBX5A7C4817A5BA6