Rabu, 03 Oktober 2018

E-Commerce dan E-Business


E-Commerce dan E-Business

A.   E-Commerce
a)    Apa itu E-Commerce?
E-Commerce adalah singkatan dari Electronic Commerce, yang secara singkat dapat didefinisikan sebagai mekanisme transaksi jual dan beli dengan menggunakan fasilitas internet sebagai media komunikasi. Dalam pengertian yang lain, e-commerce dapat diartikan sebagai rangkaian kegiatan usaha perdagangan yang sebagian atau seluruhnya menggunakan media internet sebagai media komunikasinya. Disebutkan sebagian atau seluruhnya karena kegiatan e-commerce sangat beragam. Ada yang menggunakan internet sebagai media kegiatan perdagangan mulai dari proses produksi, iklan, penjualan, pembayaran, pengiriman, dan pencatatan.

b)    Bagaimana cara kerja E-Commerce?
1.      Platform E Commerce dan CMS (Content Management System)
Memilih platform e commerce yang terbaik adalah hal yang cukup penting untuk mengelola toko online kamu. Biasanya toko online yang professional tidak hanya memiliki nama toko dengan halaman produk, tetapi juga memiliki beberapa halaman tentang perusahaan, halaman kontak, bagian blog, sumber berita, atau halaman lainnya. Ketika kamu memilih platform e commerce untuk toko online kamu, maka kamu juga harus memilih CMS untuk situs web kamu yang sesuai dengan kebutuhan mu.
2.      Opsi Produk
Untuk menampilkan produk dari toko online mu maka ada beberapa pilihan yang sederhana/tidak bervariasi dan ada juga yang bervariasi. Penting untuk menampilkan foto, harga, dan keterangan lengkap sehingga calon customer dapat menemukan apa yang mereka cari dengan cepat.
3.      Akses Chekout dan Keranjang Satu Halaman
Penting bagi kamu agar melakukan checkout  secepat dan semudah mungkin untuk menggunakan opsi checkout satu halaman dan juga memastikan bahwa pembeli dapat melihat jumlah keranjang dan cantuman produk mereka setiap saat serta checkout dari halaman manapun.
4.      Pajak dan Pengiriman
Pengaturan e commerce yang harus kamu siapkan memang banyak yah tapi pajak dan pengiriman adalah juga kebutuhan
5.      Gateway Pembayaran
Gateway pembayaran yaitu penyedia layanan e niaga yang memproses pembayaran dan menyalurkan uang ke pedagang, Contohnya seperti Paypal, Briva (untuk bank tertentu), dll.
6.      Akun Pedagang
Akun pedagang yang dimaksudkan disini untuk mengumpulkan dana dari bank pelanggan kamu dan menyimpan dana ke akun kamu secara otomatis
7.      Kepatuhan Keamanan
Menyadari tanggung jawab masing-masing akan kepatuhan keamanan

c)     Contoh E-Commerce
1.      Belanja Online (Lazada, Zalora, Tokopedia, dll)
2.      Pembayaran Elektronik (Rekber)
3.      Lelang Online (Ebay, dll)
4.      Internet Banking (Ibanking BRI, Ibanking BCA, dll)
5.      Tiket Online (Traveloka, dll)

B.    E-Business
a)    Apa itu E-Business?
E-business (Inggris: Electronic Business, atau "E-business") dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet. E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E-bisnis juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Dalam penggunaan sehari-hari, 'e-bisnis' tidak hanya menyangkut e-dagang (perdagangan elektronik atau e-commerce) saja. Dalam hal ini, e-dagang lebih merupakan sub bagian dari e-bisnis, sementara e-bisnis meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet (e-pemasaran). Sebagai bagian dari e-bisnis, e-dagang lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet.

b)    Bagaimana bentuk hubungan E-Business?
Terdapat lima kemungkinan bentuk hubungan bisnis berdasarkan transaksinya :
1.      Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
2.      Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
3.      Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
4.      Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
5.      Intrabusiness e-business (perdangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi.

c)     Apa Manfaat dan Kegunaan E-Business?
Manfaat dan kegunaan dari e-business diantaranya adalah untuk :
1.      Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
2.      Efisien dan Efektif
3.      Peningkatan produktivitas dan keutungan

d)    Apa Alat dan Media yang digunakan dalam E-Business?
Alat dan media atau sumber yang digunakan dalam e-bisnis adalah :
1.      Teknologi informasi dan komunikasi
2.      Komputer
3.      Internet

e)     Kegiatan sasaran dari E-Business
1.      Kegiatan bisnis
2.      Proses bisnis utama
3.      Pembelian, penjualan, pelayanan, transaksi.

f)       Siapa pelaku E-Business?
1.      Perusahaan
2.      Konsumen
3.      Perusahaan
4.      Supllier
5.      Rekan bisnis


Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBX5A7C4817A5BA6