Selasa, 28 Februari 2017

Arsitektur dan Aplikasi Utama Web

Arsitektur dan Aplikasi Utama Web


Web science merupakan sebuah ilmu pengetahan untuk memaniplasi sebuah web. Sedangkan web sendiri merupaan sebuah halaman dalam intrnet  yang beisi sebuah tulisan, gambar atau sebuah file dildalamnya. Web science berdiri pada taun 2006. Dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Tujuan didirikannya web science sendiri adalah untuk mengkukuhkan aktifitas penggunaan web sendiri.

Arsitektur web merupakan sebuah pendekatan antara desain dan perencanaan. Dimana pada arsitektur web ini lebih mengedapkankan atau mengutamakan kpentingan penggunanya untuk menggunakan nya seperti untuk berbisnis, membuat sebuah situs, desain interaksi dll. Untuk membuat agar web ini lebih memaksimalkan kinerja dari kegunaannya sendiri maka web selalu di kaikan dengan Woeld Wide Web sebuah mesin pencari yang di gunakan untuk menjelajah apa saja  yang ada di dalam internet. Suatu pendekatan desain internet  yang seperti arsitektur itu sendiri memerlukan teknis, kriteria dan estetika serta fungsional sehingga dapat sesuai dengan tujuan awal didirikannya WEB itu sendiri.

Aplikasi Utama Web:
  1.    HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
Merupakan sebuah jaringan internet yang sanagat pekat dengan jalur lat, pada tahin 1990an aringan ini di buat oleh dua orang yaitu tim Berneers-Lee. Jaringan ini memiliki 2 versi mayor yaitu HTTP/1.0 dimana pada versi ini menggunakan koneksi yang terpisah untuk setiap dokumen dan HTTP/1.1 dimana koneksi dapat di gunakan dengan jalur yang bersamaan.

  2.    WWW (World Wide Web)
www dalam bagian ini, para pengguna dapat mengakses fasilitas internet untuk mencari berbagai informasi di dalam interner itu sendiri dalam bentuk apapun mulai dari tulisan, gambar bahkan video. Dimana dokumen-dokumen hasil pencarian akan tersimpan dalam format  HTML (Hyper Text Markup Language).

  3.    URL  (universal Resource Locator)
URL merupakan suatu cara penamaan dimana URL tidak hanya menunjuk ke suatu file melainkan menunjukan ke query lainnya.

  4.    XML (Extensible Markup Language)
Sebenarnya XML ini hampir sama dengan HTML yaitu berfungsi untuk menghasilkan bahasa Markup.

  5.    Java Script
Java Script merupakan sebuah bahasa pemrograman yang diisi oleh klien dengan berype data prototipe. Fungsisnya adalah memberikan akses script untuk atau kepada file yang di benamkan.

  6.    AJAX (Asynchronous JavaScript and XML)
Merupakan sebuah gabungan teknologi yang fungsinya itu adalah menghindari kondisi reload ketika internet digunakan.




Sumber:  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBX5A7C4817A5BA6