Perkembangan Pendidikan Indonesia
Indonesia
adalah sebuah Negara berkembang di suatu kawasan Asia yang lebih tepatnya Asia
tenggara yang juga masih termasuk kawasan yang berkembang . Didalam sebuah
Negara dan kawasan berkembang ada beberapa faktor yang sangat dibutuhkan agar
dapat menjadi Negara maju ,beberapa faktor yang dibutuhkan untuk mengembangkan
Negara menjadi Negara yang maju yaitu : sumber kekayaan alam dan sumber daya
manusia . Namun sumber kekayaan alam tidak akan berguna tanpa ditunjang dari kualitas
sumber daya manusianya sendiri , berdasarkan hal tersebut lah sebagai Negara
berkembang Negara Indonesia harus meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dari
Indonesia. Salah satu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia
adalah dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia sejak sedini
mungkin ,dimulai dari play group/Paud ,TK , SD ,SLTP, SMA/SMK ,sampai ke
Perguruan tinggi . Namun juga harus meningkatkan kualitas pelatihan-pelatihan
keterampilan diluar akademik.
Namun
pendidikan di Indonesia masih begitu miris dan menyedihkan banyak hal yang
harus diperbaiki dimulai dari penidikan usia dini sampai perguruan tinggi .
Salah satu yang menjadi kelemahan pendidikan di Indonesia adalah yang pertama
bentuk kurikulumnya , kurikulum di Indonesia terlalu banyak memaksa para
pelajar untuk menghafal materi bahkan hanya dengan penjelasan dan hanya
membayangkan ,masih terlalu sedikit praktek yang dilakukan . sehingga membuat
para pelajar sulit untuk memahami apa yang ia pelajari .
Sedangkan
untuk yang kedua adalah fasilitas yang masih belum merata kesemua wilayah di
Indonesia . Memang tidak mudah untuk memberikan fasilitas yang memadai untuk
lebih dari 17ribu penduduk Indonesia terutama didaerah daerah pelosok, tetapi
setidaknya pendidikan di Indonesia harus memiliki fasilitas yang cukup untuk
menunjang kualitas pendidikan dan membatu perkembangan Negara Indonesia.
Untuk yang
ketiga adalah masih rendahnya kualitas para pengajar di Indonesia ,masih banyak
guru- guru yang belum memiliki kemampuan pengajaran yang baik karena banyak
rakyat Indonesia yang masih belum menghargai profesi seorang guru atau pengajar
dan juga masih kurangnya presiasi pemerintah untuk para guru guru di Indonesia
.
Tetapi
dewasa ini pendidikan di Indonesia sedikit mendapat angina segar ,karena
beberapa pencanangan pencanangan dan juga kebijakan kebijakan dari pemerintah .
seperti : kebijakan pengembangan kualitas dan penambahan jumlah SMK di
Indonesia yang membuat para pelajar memiliki keterampilan lebih dan praktek yang
memadai begitu juga di SMA dengan berlakunya kurikulum 2013 membuat pelajar
mampu memaparkan sendiri apa yang ia pelajari sehingga para pelajar dituntut
untuk memahami secara penuh bukan uuntuk menghafal materi secara penuh .
Dan semakin
banyaknya fasilitas yang di distribusikan ke daerah-daerah terpencil untuk
meningkatkan kualitas sekolah dan tentu juga untuk meningkatkan kualitas
seumber daya manusianya itu sendiri , begitu juga peningkatan kualitas para
guru dan pengajar salah satu caranya adalah banyak seminar-seminar kepelatihan
untuk menambah kemampuan guru dalam mengajar dan memahami keadaan para muridnya
dan juga pencanangan kebijakan kesejahteraan guru yang membuat semakin banyak
yang berminat mengabdi sebagai guru yang handal sehingga membuat guru lain
merasa perlu untuk berkambang supaya meningkatkan daya saingnya.
Semoga
dengan perkembangan perkembangan ini mempercepat perkembangan Negara Indonesia
dan membuat Negara Indonesia menjadi Negara maju di Asia . Namun semua itu akan
menjadi sia sia tanpa ada kemauan dan kontribusi kita sebagai salah satu bagian
dari sumber daya manusia.
Sumber:http://www.kompasiana.com/aswinbimos13/perkembangan-pendidikan indonesia_54f983bfa33311f1068b52ba
Sumber:http://www.kompasiana.com/aswinbimos13/perkembangan-pendidikan indonesia_54f983bfa33311f1068b52ba
Tidak ada komentar:
Posting Komentar