Search Engines
adalah program
komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang
tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam
sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine
merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil
pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan
menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut
sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam
berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun
jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan
pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun
direktori web.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan
oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata
tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan
Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber
terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS
Contoh
– Contoh Search Enginess
1. GOOGLE
google muncul pada akhir tahun 1997,
dimana google memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam
penyediaan layanan mesin pencari, seperti Yahoo, Altavista , HotBot, Excite,
InfoSeek dan Lycos. dimana perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim sebagain
perusahaan tabg bergerak dalam bidang layanan pencarian internert. Hingga akhirnya
Google mampu menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan
didunia.
2. Yahoo
Yahoo raja directori di internet
disamping para pengguna internet melihat DMOZ serta LookSma berusaha menurunkan
nya diposisi puncak tersebut. akhir-akhir ini telah tumbuh secara cepat dalam
ukurannya mereka pun sudah memliki harga sehingga mudah untuk memasukinya,
dengan demikian mendapatkan sebuah daftar pada direktori yahoo memang memiliki
nilai yang tinggi.
Perbedaan Search Enginess
1. Yahoo! dan bing : On page keyword
merupakan faktor yang paling penting .
2. Google : linklah yang merupakan
faktor yang sangat penting. halaman website google seperti wine semakin tua
umurnya semakin bagus peringkatnya. Google akan secara otomatis melakukan
pencarian dengan logika boolean dengan menggunakan batasan-batasan AND, NOT,
PHRASE, dan OR. google tidak mendukung pemotongan, penambahan dan tidak
membedakan bentuk huruf besar atau kecil. kelebihan google menggunakan
relavansi dan linking, yaity jumlah tertentu halaman-halaman sejenis yang
berhubungan dengan halamab yang dicari. Google juga menyediakan file-file
berekstensi PDF yang jarang dihasilkan oleh alat-alat pencari lainnya.
3. Yahoo : untuk yahoo tidak
mementingkan layaknya seperti google. yahoo tidak menggunakan robot dalam
membuat direktori informasi, web ini bergantung pada jumlah website yang
didaftakan di direktori mereka. Sekalipun demikian yahoo sangat selektif dalam
menerima situs-situs yang didaftarkan. karena yahoo tidak mempunyai jangkauan
yang luas, maka web ini menyediakan mesin pencari milik google sebagai
pelengkap.
4. google dan Altavista :
a)
Loading altavista lebih lama daripada
google.
b)
Tampilan altavista kurang menarik
c)
Altavista lebih sulit dalam pengambilan
data dibanding google.
5. Alltheweb : metode pencarian dalam
web ini menggunakan logika boolean. kita dapat membatasi pencarian hanya pada
judul, teks, nama link, URL, link, bahasa, dan domain. Ranking pencarian
didasarkan pada relavansi, analisa link, penempatan teks pada halaman tertentu,
danpenggunaan kata kunci.
Sumber:
https://elsietelibertador76.wordpress.com/tag/pengukuran-web/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar