Rabu, 01 Maret 2017

Memex (Mesin Pencari Pesaing Gogle)

Mesin Pencari Pesaing Google (MEMEX)



Saat ini Google merupakan mesin pencari nomor satu didunia. Namun menurut kabar yang berkembang, kedepan raksasa teknologi Google akan memiliki pesaing dalam hal pencarian informasi didunia maya. Pentagon melalui DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) yang merupakan lembaga pertahanan negara, saat ini tengah mengembangkan mesin pencari yang diklaim jauh lebih baik dari Google.

Mesin pencari dengan nama Memex ini dirumorkan dapat melakukan pencarian lebih detail, bahkan diklaim oleh pengembang mampu menjangkau 95% pencarian informasi yang tidak dapat dilakukan mesin pencari Google. Mesin pencari tersebut diambil dari kombinasi nama antara Memory dan Index dan disingkat menjadi Memex. Teknologi mesin pencari ini dirancang untuk menjelajah informasi yang tak terindeks di internet, termasuk dalam index Google dan informasi tersembunyi lainya seperti kegiatan kriminal.
Chris White, dalam pernyataanya mengungkapkan ” Kami membayangkan adanya sebuah paradigma baru dalam pencarian informasi di dunia maya yang akan menyesuaikan dengan konten, hasil pencarian, dan tampilan antarmuka bagi pengguna individu dan untuk pengguna dalam bidang studi tertentu, dan bukan sebaliknya,”.
Memex sendir didesain menyajikan informasi atau berita kedalam bentuk infografis yang canggih, dimana informasi tersebut sulit ditemukan pada teknologi mesin pencari Google. Berbeda dengan mesin pencari informasi seperti Google, Yahoo, dan Bing, ketiganya didasari pada iklan dan ditampilkan secara linear berdasarkan algoritma.
Sebelum Memex ada, menurut Hacked.com, para lembaga penegak hukum harus mencari daftar yang dibuat para pedagang seks, membuat daftar URL yang mencurigakan dan kemudian menganalisanya untuk mendeteksi pola yang mengarah ke jaringan perdagangan tersebut. Dengan Memex, sekarang penegak hukum dapat menganalisis jaringan ini menggunakan tampilan visual yang menunjukkan hubungan antar halaman web.
Teknologi mesin pencari Memex diyakini akan sangat membantu dalam memerangi tindak kriminal seperti terorisme, perdagangan manusia, prostitusi online dan sebagainya. Selain itu hal ini juga diyakini sangat bermanfaat bagi pemerintahan, militer, dan organisasi komersial dalam mencari informasi di dunia maya. Misalnya mencari informasi dengan cepat tentang wilayah terparah yang sedang mengalami bencana alam. Namun sayangnya belum diketahui informasi, apakah mesin pencari tersebut dapat digunakan untuk publik.


Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBX5A7C4817A5BA6