Jumat, 03 Maret 2017

WWW (World Wide Web)



WWW (World Wide Web)




Dua puluh tahun lalu, Tim Berners-Lee merilis ‘World Wide Web’ atau yang biasa kita sebut ‘www’, tiga karakter pertama dari tiap alamat situs internet, dengan tujuan untuk berbagi informasi secara lebih baik.
Saat itu, tak banyak yang mengetahui teknologi ini dan bahkan sedikit sekali yang mengerti akan potensinya pada tahun-tahun mendatang – bahwa teknologi ini memungkinkan kita untuk belanja dari dari ruang tamu kita yang nyaman, memungkinkan doketr untuk memeriksa pasien dari jarak ribuan mil, dan bahwa informasi dapat diakses dengan jari kita. Dengan dukungan dari perusahaannya yaitu CERN (Organisasi Eropa untuk Penelitian Nuklir), Tim, yang mendapat gelar “Sir” dari Kerajaan Inggris, merancang ‘World Wide Web’ di tahun 1989. “Www” kemudian dirilis ke pubilik oleh CERN pada tahun 1993, sekaligus merilis semua sektor industri yang terkait dan merevolusi teknologi yang lama.

Pengertian:
World Wide Web, biasa di singkat: WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber yang Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering di sama kan dengan Internet secara keseluruhan, tetapi sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.
WWW adalah kumpulan server proksi web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menonjol dari Internet. Melalui web, para pengguna internet dapat mengakses info kabar berita yang tidak hanya berbentuk teks tapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.
Kegunaan ini terbilang masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnyaWWW merupakan kumpulan dokumen/file yang tersimpan di sever proksi web, dan yang severnnya tersebar di 5 benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui Internet. Dokumen/file informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).
Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia.
Kesimpulan nya WWW adalah kumpulan dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengeklik pranala (hipertaut), maka para pengguna internet bisa pindah dari 1 dokumen ke dokumen lainnya.

Sejarah:
WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan.Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.
WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss.Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘Waring Wera Wanua’ sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.


Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBX5A7C4817A5BA6