Kamis, 02 Maret 2017

Mouse Wireless



Memahami Tentang Mouse Wireless

    



       Pada zaman sekarang ini kita tentunya taklagi heran dengan cepatnya perkembangan teknologi dibidang apapun, khususnya dalam komputer. Bila kita ambil contoh dari dunia komputer, salah satunya adalah mouse wireless. Sesuai namanya, mouse wireless tidak menggunakan kabel dalam penggunaannya melainkan menggunakan gelombang elektromegnetik sebagai sinyal yang digunakan untuk mengendalikan kurasor pada monitor. Mouse wireless sejatinya mirip dengan mouse-mouse kebanyakan, bahkan dalam penggunaannya pun tidak ada bedanya. Yang membedakan adalah media penghubungnya saja, yang biasanya menggunakan kabel, namun pada mouse wireless ini tidak.

Kelebihan dalam menggunkan mouse wireles adalah:
   1)  Tidak ada kabel
  Pada teknologi yang digunakan pada mouse wireless ini memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan mouse dengan komputer tanpa menggunakan kabel. Jadi dengan mouse wireless maka tidak ada lagi kabel yang melilit-lilit di sekitar komputer PC atau Laptop anda. Dengan ini kita bisa merasa lebih lapang dan leluasa memainkan komputer tanpa harus terganggu oleh kabel yang melintang.

Kekurangan dalam menggunkan mouse wireles adalah:
   1)  Lag atau jedah antara gerakan mouse dan pointer pada monitor
  Teknologi wireless serta laser membuat jeda antara gerakan mouse dan pointer pada monitor sangat kecil. Bagi pengguna dengan kebutuhan yang biasa-biasa, jeda tersebut sama sekali tidak terasa. Bagi pengguna seperti para design grafis dan gamers, saat awal mungkin sedikit terasa aneh namun setelah beberapa saat mencoba maka semuanya akan terasa normal-normal saja.

   2) Software Driver
  Mouse tanpa kabel mungkin sedikit memiliki kekurangan yaitu harus menginstall driver terlebih dahulu sebelum digunakan. Meski saat ini beberapa vendor mouse wireless telah memproduksi mouse tanpa harus menginstall driver-nya namun lebih direkomendasikan untuk tetap meng-install driver terlebih dahulu.

  3) Extra Power
  Mouse wireless membutuhkan extra tenaga listrik sehingga si penggunanya harus menyiapkan baterei pada mouse. Ukuran baterei AA dirasa cukup membuat mouse tarasa agak berat dibandingkan dengan mouse biasa yang masih menggunakan kabel. Namun jangan khawatir mouse wireless cukup hemat energy sehingga penggantian batereinya dilakukan setelah melewati masa pemakaian yang cukup lama.

  4) Harga
  Harga mouse tanpa kabel bervariasi mulai dari sekitar 100 ribu sampai lebih dari 1 juta rupiah tergantung dari bentuk, design, tombol scroll, teknologi laser atau optical dan daya tahan power atau baterei yang digunakan. Biasanya design yang nyaman bagi tangan si pemakainya ditambah dengan tingkat presisi yang tinggi membuat harga wireless mouse menjadi sangat mahal. Namun berdasarkan pengalaman beberapa pengguna mouse wireless, harga yang mahal itu terbayar dengan kinerja dari perangkat mouse.



Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBX5A7C4817A5BA6